Friday, July 3, 2009

TAMPIL PD

Kenali Pertumbuhan Pada Remaja (ABG) - ONLY --> GIRL

Teruntuk para remaja yang sedang tumbuh gede alias ABG khususnya wanita, coba kenali dirimu lebih dalam..!!

MASA-MASA PERUBAHAN

Sumber : Booklet untuk remaja

Kamu mungkin sudah mulai terbiasa dengan berbagai perubahan selama pubertas. Namun sebagian kamu ada yang baru merasakan perubahan-perubahan diberbagai bagian tubuh kita.

*Jangan panik kalau perubahan yang kamu alami tidak sama dengan teman-temanmu, soalnya kecepatan pertumbuhan setiap orang kan berbeda-beda. Kamu juga pasti tahu dong, Kalau perubahan yang kamu alami cepat nggak terjadi dalam semalam, Ada yang terjadi dengan cepat, Ada juga yang beberapa tahun.


*Pubertas adalah terjadinya perubahan besar baik secara fisik, emosional dan social. Ini adalah saat yang mengasikkan, dimana kamu mulai tumbuh jadi dewasa, jadi manusai yang lebih bertanggung jawab dan mandiri. Nah, Situs ini akan menjelaskan secara lebih rinci mengenai berbagai hal yang sedang kamu alami. Nggak Cuma itu situs ini juga akan membantu berbagai persoalan yang mungkin anda hadapi. Yang penting ingat..!! Pubertas itu normal dan merupakan tahapan normal dari tubuh sehat serta terjadi pada semua orang..!!

Menjadi dewasa juga meliputi mengambil keputusan tentang gaya hidup. Hidup sehat itu artinya kamu lebih bertanggung jawab sama hidup dan tubuhmu.

Ada beberapa perubahan yang sudah, sedang atau segera terjadi pada tubuhmu selama pubertas :

*Tubuh semakin tinggi
*Tubuh menjadi lebih besar (terutama pinggulmu)
*Payudara sudah mulai tumbuh
*Keringat bertambah, mulai muncul yang namanya BB alias bau badan. Walau mungkin kamu nggak nyium baunya, coba dueh Tanya sama temen dekatmu..!!
*Rambut jadi lebih berminyak
*Kulit jadi lebih berminyak dan muncul jerawat-jerawat “cinta”
*Tumbuhnya bulu-bulu halus diketiak, dikaki dan di area “V” antara pangkal paha
*Mulai muncul Cairan Bening dari vagina kamu
*Mulai mengalami menstuasi.

Bagaimana cara mengetahui kalau kamu sudah mulai ada perubahan..??
Nah kita mulai saja membahasnya.

1.Pertumbuhan Tubuh
Selain bertambah tinggi, pinggulmu mungkin jadi tambah lebih lebar, paha serta pantatmu juga membesar. Itu normal kok..!! Seorang wanita dewasa punya lemak tubuh lebih banyak dibandingkan gadis remaja. Jadi nggak heran kalau berat badan kamu bertambah.

2.Payudara
Ada berbagai bentuk dan ukuran payudara. Kecepatan tumbuhnya juga berbeda-beda. So, jangan khawatir bila salah satu payudaramu lebih besar dari satunya. Di akhir masa pubertas keduanya kira-kira akan sama besar kok. Kadang-kadang ada wanita yang memiliki sepasang payudara yang ukuranya sedikit berbeda, itu tetap normal.

3.Jerawat Dan Rambut Minyak
Selama pubertas hamper semua orang punya yang namanya jerawat. Ini bukan disebabkan karena “jatuk cinta” tapi lebih karena kelenjar khusus dikulit wajah menjadi lebih aktif dan memproduksi lebih banyak minyak. Rambut kamu juga bisa jadi lebih berminyak, dan mungkin.. perlu dicuci lebih sering.

4.Rambut-Rambut Halus Di Tubuh
Rambut-rambut halus di area “V” pangkal paha, mungkin sudah tumbuh. Juga diketiak dan dikaki. Ada wanita yang senang menghilangkan rambut-rambut ini, terutama rambut diketiak dan kaki. Kalau kamu ingin melakukannya sendiri dirumah,
ada dua cara nih :
*Bercukur- cepat, mudah dan murah. Tapi.. kalau nggak hati-hati kulitmu dapat terluka. Rambut-rambut ini juga bisa tumbuh lagi dengan cepat
*Krim penghilang rambut- mudah dan hasilnya dapat bertahan sampai beberapa minggu, tapi relative lebih mahal.

5.Keringat Dan BB
Kelenjar keringat, yang sebagian besar berada diketiak atau bawah lengan kamu, mulai bekerja. Ini menyebabkan keluarnya keringat dan dapat memunculkan bau badan (BB). Mungkin kamu sendiri nggak menyadarinya.

6.Cairan Vagina
Kamu mungkin menemukan noda kekuningan dicelana dalammu, terutama 2 minggu setelah menstuasi. Noda ini berasal dari cairan vagina dan ini normal.

7.Menstruasi
Menstruasi pertama kali mungkin merupakan perubahan terbesar yang dialami seorang gadis selama pubertas. Kalau kamu belum juga “dapat” sampai 16 tahun, sebaiknya konsultasi dengan dokter.